Ketua DPR RI Sambut Baik Penguatan Kerja Sama dengan Korea Selatan

| Kamis, 19/01/2023 21:22 WIB
Ketua DPR RI Sambut Baik Penguatan Kerja Sama dengan Korea Selatan Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani berharap kunjungan resmi delegasi Parlemen Korea Selatan ke DPR RI semakin memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, khususnya antar parlemen. Bagi Puan, momen ini menjadi spesial lantaran hubungan diplomatik ini telah memasuki usia 50 (lima puluh) tahun sejak 1973 lalu.

"Peringatan 50 (lima puluh) tahun hubungan diplomatik ini harus menjadi momentum bagi peningkatan hubungan Indonesia-Korea di masa depan. Dalam peringatan ini, kita dapat melakukan serangkaian kegiatan di Indonesia dan Korea yang melibatkan berbagai elemen masyarakat," kata Puan Maharani usai memimpin Kunjungan Ketua Majelis Nasional (Parlemen) Republik Korea (Speaker of National Assembly of Republic of Korea) Kim Jin-Pyo ke DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, 19 Januari 2023.

Perlu diketahui, peringata  50 tahun hubungan Indonesia- Korea Selatan perlu dimaknai dengan kerja sama konkret sekaligus bermanfaat bagi rakyat kedua negara. Mengingat, kata Puan, per awal tahun ini perjanjian ekonomi Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) sudah mulai berlaku sejak 1 Januari 2023.

Dari sudut pandangnya, kerja sama antar dua negara perlu meningkatkan intensitas hubungan sekaligus dialog termasuk soal politik luar negeri antara Indonesia dan Korea. Hal ini turut jadi perhatian karena perubahan geopolitik dan geoekonomi dunia yang kini terjadi. Sehingga, baik Indonesia dan Korea Selatan dinilai perlu memperdalam dan memperluas jangkauan hubungan seperti sektor ekonomi, infrastruktur, perdagangan, dan investasi.

Puan menilai, bahwa Indonesia dan Korea Selatan perlu mengkaji hubungan melalui kesepakatan yang dilaksanakan selama ini. Dari hasil kajian tersebut, sebutnya, akan menjadi landasan perencanaan pengembangan hubungan masa mendatang berdasarkan dinamika global dan regional.

"Indonesia dan Korea Selatan perlu pengembangan hubungan berkarakter abad-21 (21st century relations) yang berkontribusi pada perdamaian, kesejahteraan, dan mengatasi perubahan iklim di tingkat global dan regional," tukasnya.

Tags : DPR RI , Indonesia , Korea Selatan , Parlemen