Satu Abad NU, Wapres: NU Harus Bertransformasi Sesuai Perkembangan Zaman

| Selasa, 07/02/2023 16:53 WIB
Satu Abad NU, Wapres: NU Harus Bertransformasi Sesuai Perkembangan Zaman KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin menegaskan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) harus bertransformasi dan beradaptasi sesuai perkembangan zaman agar dapat terus berkontribusi pada bangsa dan negara. Hal tersebut disampaikan Kiai Maruf dalam peringatan Satu Abad NU, Selasa, 7 Februari 2023.

"Memasuki usia baru, NU harus mampu bertransformasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman yang membawa aneka tantangan," ujar Wapres dilansir dari antaranews.

Dipaparkannya, transformasi dan adaptasi sesuai perkembangan zaman telah dilakukan sejak berdirinya NU. Hal itu dapat dilihat dari kontribusi yang telah diberikan oleh para tokoh dan kiai NU sejak lama.

"Dimulai dari upaya mempertahankan NKRI lewat peristiwa pengusiran penjajah, hingga kini NU turut berkiprah, dalam mengisi pembangunan dengan menjadi mitra yang andal bagi pemerintah," terangnya.

Kontribusi tersebut, tutur Kiai Maruf, harus terus dilanjutkan oleh segenap warga NU saat ini sesuai dengan tantangan zaman yang dihadapi. Menurutnya, tantangan tersebut meliputi tiga aspek kehidupan, yakni aspek individu, bangsa dan negara, serta dunia secara keseluruhan.

"Mari kita lanjutkan upaya ishlahul umma (memperbaiki umat), ishlahul wathan (memperbaiki bangsa dan negara), wal ishlahul alam (memperbaiki dunia), sebagaimana misi utama NU, yaitu ‘amaliyatul ishlah, karena NU adalah jamiyatul ishlah (organisasi yang melakukan perbaikan-perbaikan)," imbaunya.

Untuk itu, Wapres pun berharap agar segenap warga NU dapat terus berkontribusi aktif dalam menjadikan Indonesia sebagai sebuah negeri yang mengumpulkan kebaikan dari alam dan kebaikan perilaku penduduknya.

"Dengan penuh rasa syukur saya sampaikan selamat memperingati 1 Abad Nahdlatul Ulama. Saya mendoakan seluruh pimpinan dan segenap warga NU tetap sehat, semangat, amanah, serta istiqomah, bersama-sama memajukan dan menjadikan Indonesia baldatun tayyibatun warabbun ghafur," pungkas Wapres.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Satu Abad NU , Indonesia