Menlu RI Tegaskan ASEAN Harus Pegang Kendali Hadapi Tantangan Geopolitik

| Rabu, 12/07/2023 22:27 WIB
Menlu RI Tegaskan ASEAN Harus Pegang Kendali Hadapi Tantangan Geopolitik Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengatakan bahwa Perhimpunan Bangsa-bangsa ASia Tenggara (ASEAN) harus tetap memegang kendali dalam menghadapi tantangan geopolitik.

"ASEAN harus tetap berada di kursi kemudi dalam menavigasi tantangan geopolitik saat ini dan masa depan, termasuk melalui KTT Asia Timur dan Forum Regional ASEAN," kata Retno dalam pernyataan pembukaan sesi pengkajian Pertemuan ke-56 Menlu ASEAN di Jakarta, Rabu, 12 Juli 2023.

Konsep sentralitas ASEAN, sebagaimana yang dinyatakan dalam ASEAN Outlook on the IndoPacific, menekankan bahwa ASEAN harus menjadi platform regional yang dominan untuk mengatasi tantangan bersama dan terlibat dengan kekuatan eksternal.

Penguatan sentralitas ASEAN merupakan kondisi yang tidak dapat ditawar lagi agar ASEAN tetap mempertahankan identitas sebagai penjaga stabilitas dan perdamaian bagi negara-negara anggotanya dan kawasan Indo-Pasifik.

Retno juga mengatakan bahwa KTT Asia Timur (EAS) dan Forum Regional ASEAN (ARF) merupakan platform inklusif yang sangat penting di mana semua pihak di kawasan duduk bersama dan saling berbicara.

"ASEAN percaya dengan inklusivitas, ASEAN percaya dengan dialog, dan ASEAN percaya dengan kolaborasi yang saling menguntungkan," ujarnya.

Tags : Menlu RI , ASEAN , ARF , Geopolitik , Indonesia