Ketua DPR RI Ingatkan Pemerintah Kolaborasi dengan Pelaku Industri Berdayakan Korban PHK

| Kamis, 24/08/2023 18:50 WIB
Ketua DPR RI Ingatkan Pemerintah Kolaborasi dengan Pelaku Industri Berdayakan Korban PHK Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyoroti nasib korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang belum mendapatkan pekerjaan baru. Untuk itu, Puan mengingatkan pentingnya kolaborasi pemerintah dengan pelaku industri dalam mengatasi permasalahan pengangguran di Indonesia.

"Pemerintah dapat memberikan bantuan kepada pekerja yang terkena PHK, seperti pelatihan keterampilan dan bantuan mencari kerja. Perusahaan dapat menciptakan lapangan kerja dengan membuka investasi dan mengembangkan teknologi baru," kata Puan seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 24 Agustus 2023.

Diungkapkannya, langkah tersebut bisa memberikan harapan baru bagi para pekerja yang terkena PHK dan memberikan dampak positif pada pemulihan ekonomi Tanah Air. "Upaya seperti ini bukan hanya memberikan harapan baru bagi ribuan pekerja yang kehilangan pekerjaannya, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap pemulihan ekonomi nasional," terangnya.

Puan pun mendukung upaya Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) yang melakukan pendekatan kepada para pengusaha di Indonesia untuk turut memperhatikan para pekerja yang terkena PHK. Terutama perusahaan-perusahaan yang tengah bertumbuh secara positif.

"Komitmen Negara untuk menjamin hak warganya mendapat pekerjaan dan penghidupan layak harus didukung dari peran para pelaku industri. Pendekatan yang baik ini kami harapkan dapat menghasilkan kolaborasi untuk mengurangi pengangguran di Tanah Air," tutur Politisi PDI Perjuangan ini.

Menurut data Kemenaker, jumlah korban PHK di Indonesia pada tahun 2022 sebanyak 25.114 orang. Sedangkan pada tahun sebelumnya mencapai 127.085 orang. Puan mendorong Pemerintah untuk mengintensifkan upaya menurunkan angka korban PHK pada tahun 2023 ini. 

"Meskipun ada penurunan jumlah beberapa tahun terakhir, tapi penyerapan tenaga kerja korban PHK masih kurang maksimal. Upaya Pemerintah membentuk tenaga kerja yang dibutuhkan pelaku usaha juga dapat menekan jumlah pengangguran," tandasnya.

Tags : DPR RI , Pekerja , PHK , Perusahaan , Kolaborasi , Indonesia