Jazilul Fawaid: Penyelenggaraan Pemilu Sangat Mahal, Perlu Dibahas Sistem yang Lebih Murah

| Jum'at, 25/08/2023 20:05 WIB
Jazilul Fawaid: Penyelenggaraan Pemilu Sangat Mahal, Perlu Dibahas Sistem yang Lebih Murah Jazilul Fawaid (Anggota Komisi III DPR RI FPKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid menilai biaya penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) sangat mahal. 

Sehingga, menurutnya, perlu dibahas bersama sistem pemilu yang lebih murah dan efisien. Hal tersebut bisa dimulai dengan membangun sistem aturan yang memunculkan demokrasi yang lebih sederhana.

"Semuanya juga akan mengakui bahwa biaya penyelenggaraan Pemilu sudah mahal. Biaya kompetisi calon juga mahal. Menurut saya ini perlu dibahas sistem yang memungkinkan semua bisa ikut dan tidak membutuhkan biaya yang mahal," kata Jazilul dalam diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema ’DPR Mengawal Demokrasi Menuju Indonesia Maju’ di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023.

Untuk itu, Politisi PKB ini mendorong perlunya kajian yang lebih mendalam terkait berbagai sistem pemilu yang pernah dijalani untuk mencari mana yang lebih efektif. 

"Artinya ke depan kita koreksi dan kita selama pemilihan langsung kan berubah-ubah, ada sistem terbuka, ada semi terbuka, apa kembali ke proporsional (terbuka)? Yang saya pikir perlu kajian mana yang lebih efektif, toh hasilnya sama saja," tutupnya. 

Tags : DPR RI , Pemilu , Demokrasi , Indonesia , PKB