Ketua DPR RI Minta Pemerintah Optimalkan Penanggulangan Karhutla Secara Efektif

| Kamis, 07/09/2023 22:05 WIB
Ketua DPR RI Minta Pemerintah Optimalkan Penanggulangan Karhutla Secara Efektif Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara efektif. Apalagi, menurutnya, karhutla menjadi salah satu penyumbang polusi dan membuat kualitas udara di sejumlah daerah memburuk. 

"Karhutla adalah masalah serius yang memiliki dampak luas, baik bagi masyarakat maupun lingkungan hidup. Untuk itu, saya mendorong Pemerintah untuk mengoptimalkan cara yang cepat dan efektif dalam mengatasi penyebaran luasan titik api karhutla di sejumlah wilayah," kata Puan dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 7 September 2023.

Kondisi serupa juga terjadi di sejumlah wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kalimantan Barat. Di Kalimantan Barat (Kalbar), ratusan warga Kabupaten Ketapang terpaksa mengungsi akibat titik api yang terus meluas.

Sementara di Pulau Jawa sendiri karhutla besar terjadi di Gunung Arjuno, Jawa Timur. Tercatat, sudah 4.403 hektare lahan dan hutan di Gunung Arjuno yang terbakar. 

Dari informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batu, Jawa Timur, kebakaran lahan di Gunung Arjuno telah berlangsung selama 12 pekan yang dengan 149 titik api yang terpantau melalui udara. Meski begitu, baru 39 titik api yang berhasil dipadamkan di sekitar wilayah Batu dan Pasuruan. 

Oleh karena itu, Politisi PDI Perjuangan ini meminta Pemerintah untuk bergerak cepat melakukan pemadaman, sehingga titik api tidak semakin bertambah. Tidak hanya itu, pihaknya juga minta Pemerintah bersama pihak berwenang lainnya mengetatkan pengawasan serta menegakkan sanksi terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

"Selain mengancam kesehatan masyarakat seperti masalah pernapasan dan kesehatan, karhutla juga berdampak langsung terhadap sektor ekonomi dan pendidikan. Ada banyak sekali yang dirugikan akibat karhutla sehingga butuh upaya penanggulangan yang lebih," tambahnya.

Tags : DPR RI , Karhutla , Indonesia , Hutan