Komisi VI DPR RI Ingatkan Kebijakan Impor Harus Perhatikan Stok Dalam Negeri

| Kamis, 26/10/2023 17:31 WIB
Komisi VI DPR RI Ingatkan Kebijakan Impor Harus Perhatikan Stok Dalam Negeri Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza mengingatkan kebijakan impor pemerintah harus memperhatikan stok dalam negeri. Hal tersebut disampaikannya terkait rencana pemerintah membatasi impor bawang putih. 

"Ini kan biasa dilakukan oleh Pemerintah yang kalau melihat masih banyak stok bawang putih di dalam negeri yang tentu harus dibatasi. Kalau tidak nanti akan menyebabkan membanjirnya bawang putih di pasaran dan tentu tidak menjamin keseimbangan bisnis tata niaga hortikultura," ujar Faisol seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 26 Oktober 2023.

Sebagaimana disampaikannya, pihaknya akan mendukung kebijakan pemerintah asalkan dilakukan dengan perhitungan yang matang. Ia menggarisbawahi agar kebijakan yang dibuat tidak memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat.

"Ini penting buat pemerintah agar tetap menjaga (stok dalam negeri). Menurut saya asal semua datanya semua hitungan pemerintah itu benar, kami mendukung. Tapi kalau misalnya ini ternyata ada maksud tertentu itu mohon dihindari. Ini penting demi rakyat masyarakat," tutur Politisi PKB ini.

Untuk itu, Faisol pun mengingatkan kepada pemerintah untuk menyampaikan kondisi tata niaga hortikultura saat ini. 

"Tentu sampaikan kepada publik bahwa kondisi tata niaga hortikultura kita menjelang tahun baru ini ternyata masih banyak stok banyak cadangan jadi ngga perlu lagi menambah importasi. Nah, begitu juga untuk tahun 2024 apa yang diperkirakan oleh pemerintah tata niaga hortikultura kebutuhan dalam negerinya sudah bisa dipenuhi atau tidak. Setelah itu kalau memang dibutuhkan impor karena memang persediaan di dalam negerinya terbatas, ya kami tentu akan mendukung," tutupnya.

Tags : DPR RI , Impor , Bawang Putih , Indonesia